Kebijakan asuransi Sriwijaya Air

Sekarang adalah musim liburan. Orang-orang dari semua lapisan masyarakat di seluruh dunia sedang sibuk mencari penawaran terbaik untuk transportasi udara dan darat, akomodasi hotel yang murah, paket liburan yang sesuai dengan impian mereka, kebutuhan dan budget. Beberapa dari mereka bahkan sudah…

Sriwijaya Insurance Sekarang adalah musim liburan. Orang-orang dari semua lapisan masyarakat di seluruh dunia sedang sibuk mencari penawaran terbaik untuk transportasi udara dan darat, akomodasi hotel yang murah, paket liburan yang sesuai dengan impian mereka, kebutuhan dan budget. Beberapa dari mereka bahkan sudah mulai memesan.

Dan Terkadang juga banyak agen tiket pesawat yang menawarkan tarif  harga promo, dan ternyata tarif tersebut tanpa di ikut sertakan mengenai hal asuransi perjalan, maka dari sini perlu di ketahui sebenaranya sepeti apa sich kebijakan asuransi perjalanan dari sebuah maskapai, berikut ketentuan kebijakan asuransi penerbangan dari maskapai Sriwija Air, agar Perjalanan kita tenang serta nyaman, maka perlu kita perhatikan pula beberapa kebijakan asuransi dari maskapai sriwijaya air ini :

Pertanggungan :

  1. Pembatalan Perjalanan oleh Penumpang
  2. Penghentian Perjalanan oleh Penumpang
  3. Keterlambatan Penerbangan
  4. Keterlambatan Bagasi
  5. Kehilangan Bagasi
  6. Kerusakan Bagasi

Kompensasi / Manfaat :

1. Pembatalan atau Penghentian Perjalanan oleh Penumpang,

  • Memberikan penggantian atas BIAYA PENERBANGAN yang tidak digunakan dan/atau bagian yang tidak dapat dikembalikan dari biaya penerbangan yang telah dibayarkan oleh Tertanggung karena Pembatalan Perjalanan atau Penghentian Perjalanan karena harus mempersingkat perjalanannya oleh Penumpang, dengan batas maksimum Rp. 4.000.000,-(empat juta rupiah)

2. Keterlambatan Penerbangan,

  • memberikan kompensasi untuk keterlambatan penerbangan pada saat :

i. Keberangkatan awal di Bandara Asal

ii. Keberangkatan di Bandara Transit

  • nilai kompensasi sebesar Rp. 300.000,-(tiga ratus ribu rupiah) untuk keterlambatan melebihi 4 (empat) jam dari jadwal keberangkatan awal di Bandara Asal yang tercantum dalam tiket dan atau dari jadwal keberangkatan lanjutan di Bandara Transit yang dikeluarkan oleh Maskapai Penerbangan dan diikuti dengan Rp. 200.000,-(dua ratus ribu rupiah) atas penambahan keterlambatan tiap 2 (dua) jam hingga batas maksimum Rp. 4.000.000,-(empat juta rupiah) per satu kali perjalanan untuk keterlambatan yang terjadi di keberangkatan awal/pertama dan atau atas pada saat transit.

3. Keterlambatan Bagasi,

  • memberikan kompensasi atas Keterlambatan Bagasi yang disebabkan karena kesalahan penanganan bagasi yang dilakukan oleh Maskapai Penerbangan, dengan ketentuan jika Bagasi telah diserahterimakan dari Maskapai Penerbangan kepada Tertanggung di Bandar Udara Tujuan tempat Tertanggung melapor lebih dari 6 (enam) jam namun kurang dari 24 (dua puluh empat) jam dari waktu kedatangan aktual pesawat, maka diberikan kompensasi sebesar Rp 700.000,-per penumpang (tanpa melihat jumlah bagasi yang terlambat)

4. Kehilangan Bagasi,

  • memberikan kompensasi atas Kehilangan Bagasi yang disebabkan karena kesalahan penanganan bagasi yang dilakukan oleh Maskapai Penerbangan, dengan ketentuan jika lebih dari 24 jam dari waktu kedatangan pesawat, Bagasi belum diserahterimakan dari Maskapai Penerbangan kepada Tertanggung di Bandar Udara Tujuan tempat Tertanggung melapor, maka Bagasi tersebut dinyatakan hilang oleh Penanggung dan diberikan kompensasi sebesar Rp 700.000,-(tujuh ratus ribu rupiah) per bagasi dengan maksimum penggantian sebesar Rp 4.000.000,-(empat juta rupiah) per Tertanggung tanpa resiko sendiri.

5. Kerusakan bagasi,

  • memberikan kompensasi atas Kerusakan Bagasi yang disebabkan karena kesalahan penanganan bagasi yang dilakukan oleh Maskapai Penerbangan
  • Jaminan atas pertanggungan Kerusakan Bagasi ini tidak berlaku apabila Kompensasi atas terjadinya Klaim Kehilangan Bagasi telah diberikan kepada Tertanggung
  • Besarnya kompensasi:

i.            Bahan Bagasi terbuat dari Kertas, Plastik dan sejenisnya, Rp. 100.000,(seratus ribu rupiah) per bagasi

ii.            Bahan Bagasi terbuat dari Kain, Kulit Sintetis dan sejenisnya, Rp. 200.000,(dua ratus ribu rupiah) per bagasi

iii.            Bahan Bagasi terbuat dari Kayu dan sejenisnya, Rp. 300.000,-(tiga ratus ribu rupiah) per bagasi

iv.            Bahan Bagasi terbuat dari Kulit dan sejenisnya, Rp. 400.000,-(empat ratus ribu rupiah) per bagasi

v.            Bahan Bagasi terbuat dari Logam dan sejenisnya, Rp. 500.000,-(lima ratus ribu rupiah) per bagasi

Penyebab Resiko yang Ditanggung oleh Polis :

1. Pembatalan atau Penghentian Perjalanan oleh Penumpang,

  1. Kematian Tertanggung,
  2. Tertanggung dirawat inap di rumah sakit pada tanggal keberangkatan, hal mana secara medis tidak diperbolehkan melakukan perjalanan
  3. Penyakit atau cedera badan akibat kecelakaan yang diderita oleh Tertanggung, hal mana secara medis tidak diperbolehkan melakukan perjalanan,
  4. Kerusakan berat terhadap rumah tinggal Tertanggung, disebabkan kebakaran, banjir atau bencana alam seperti topan, gempa bumi, angin ribut dan lain-lain, yang mengakibatkan rumah tinggal tidak layak untuk di huni
  5. Tertanggung diculik, ditahan, dikarantina, diharuskan menghadap pengadilan, atau dipanggil menghadiri perkara perdata
  6. Tertanggung diculik, ditahan, dikarantina, diharuskan menghadap pengadilan, atau dipanggil menghadiri perkara perdata
  7. Kematian atau Cedera atau Sakit Keras atau atau masuk rumah sakit atau wajib masuk karantina yang dialami oleh Suami/istri, Orang tua, Mertua, Kakek/Nenek,Anak atau Saudara Kandung Tertanggung
  8. Pemogokan yang tidak terduga, huru-hara, kerusuhan sipil, yang timbul dan berada diluar dugaan dan kekuasaan Tertanggung yang dilakukan oleh orang lain

2. Keterlambatan Pesawat:

  1. Cuaca buruk, kabut asap yang mengganggu penerbangan,
  2. Kerusakan pada pesawat Maskapai Penerbangan,
  3. Pemogokan atau aksi kerja lainnya yang dilakukan para karyawan dari Maskapai Penerbangan,
  4. Penutupan oleh Bandara karena perintah ATC (Air Traffic Control), alasan VIP, latihan Militer, Kemacetan di Landasan Pacu atau karena alasan safety, Kerusakan system computer dan listrik, Force Majeur di Bandara

3. Bagasi Hilang / Rusak / Terlambat:

  1. Mishandling Baggage oleh Operator

Syarat dan Ketentuan:

  1. Periode Polis berlaku :
  2. Harga Premi Rp. 10.000,-per pax per tiket sekali jalan
    1. Kondisi penjualan Suka Rela atau Optional, berlaku untuk penjualan individu, group maupun block seat
    2. Berlaku untuk seluruh rute penerbangan Maskapai, baik domestik maupun international
      1. Penjualan Sriwijaya Travel Insurance bersamaan atau menjadi satu dengan tiket yang dijual dan diisued dalam Sriwijaya Online Ticketing System, tidak dapat dijual secara terpisah / retail
      2. Tidak ada batasan umur, berlaku untuk penumpang infant sepanjang membeli dan membayar premi asuransi
      3. Premi bersifat non refundable
      4. Berlaku untuk tiket open maksimal 12 bulan sejak tanggal issued ticket
        1. Peserta asuransi wajib mencantumkan nama pax sesuai ID, kode penerbangan, kode booking, tanggal dan jam keberangkatan, sekali jalan atau pulang-pergi, dengan kondisi yang sama dengan ticket issued
        2. Bukti pembelian asuransi tercantum pada kode / inisial dalam ticket yang diisued atau invoice penjualan ticket
Jenis Pertanggungan Cover Risk, Berlaku Cover Risk, Berakhir
Pembatalan Perjalanan oleh Penumpang Sejak Tertanggung membayar lunas premi Asuransi Perjalanan Pada saat pesawat lepas landas pada tanggal keberangkatan
Penghentian Perjalanan oleh Penumpang Sejak pesawat lepas landas pada tanggal keberangkatan Untuk Tiket Pulang Pergi, Pada saat Tertanggung turun dari pesawat di Bandara Asal Keberangkatan pada tanggal kepulangan yang telah dijadwalkan atau maximum berlaku dalam waktu 30 hari sejak tanggal keberangkatan pertama, mana yang lebih dahulu
    Untuk Tiket Satu Kali Perjalanan, Pada saat Tertanggung turun dari pesawat di Bandara Tujuan Akhir pada tanggal kedatangan yang telah dijadwalkan
Keterlambatan Penerbangan Sejak jadwal keberangkatan awal/transit yang tertera di tiket Pada saat Pesawat Maskapai Penerbangan lepas landas

 

Jenis Pertanggungan Cover Risk, Berlaku Cover Risk, Berakhir
Bagasi Hilang / Rusak / Terlambat Sejak Bagasi terdaftar pada saat check in di Bandar Udara dan memiliki Baggage Tag yang dikeluarkan oleh Maskapai Penerbangan Pada saat Bagasi diserahterimakan dari Maskapai Penerbangan kepada Tertanggung dan/atau Bagasi diambil oleh Tertanggung
  • Seluruh kondisi yang terkait dengan pertanggungan dan manfaat yang ditawarkan oleh Sriwijaya Travel Insurance selalu merujuk dan tunduk kepada Polis Asuransi yang berlaku dan diterbitkan oleh PT Citra International Underwriters selaku Penanggung

Prosedur Klaim

Tenggat waktu pelaporan adalah 30 hari sejak terjadinya kejadian klaim

  1. Segera melaporkan Klaim kepada Call Center PT CIU Insurance di no. 0 800 1000 248 (CIU)
  2. Tertanggung atau Kuasa Tertanggung atau Ahli Waris wajib mengisi, menandatangani dan menyampaikan Formulir Klaim kepada Bagian Klaim PT CIU Insurance

Dokumen wajib yang harus dilampirkan :

  • E-Tiket dan Boarding Pass
  • ID dalam bentuk KTP/SIM/Passport
  • Copy Cover Rek. Buku Tabungan
  1. PIR (Property Irregularity Report), khusus untuk Klaim Bagasi yang berasal dari Bagian Lost and Found di Bandara Tujuan dari Airlines yang bersangkutan
  2. Klaim yang berasal dari Group dapat dikuasakan kepada 1 orang, berdasarkan surat kuasa

 

PT Citra International Underwriters

MNC Tower Lt. 9 Menara Prima, Lt. 22
Jln. Kebon Sirih Lt. 9 Kawasan Mega Kuningan
Jakarta Pusat Jakarta Selatan
Telp. 021 392 9940 Telp. 021 5794 8383
Fax. 021 392 9941 Fax. 021 5794 8384
  Call Center 24H (free toll) 0 800 1000 248

 

Langgam Tour Travel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s