Tips Menghindari Kejahatan Saat Berlibur

Tips Naik Pesawat
Anda seorang perempuan dan ingin berlibur sendirian? Mengapa tidak. Namun, sebagai kaum hawa apalagi berpergian sendirian, pastinya harus memiliki keamanan diri yang ekstra. Karena, perempuan sangat rentan menjadi target kejahatan.

Ada beberapa alasan mengapa perempuan sangat mudah menjadi sasaran kejahatan menurut Marybeth Bond, seorang penulis wisata, seperti yang dilansir Huffington Post. Di antaranya, mereka sering kali kurang memiliki kesadaran akan keadaan lingkungan sekeliling, bahasa tubuh perempuan yang cenderung malu-malu, serta sering berada pada tempat yang salah dan waktu yang salah.

Untuk mencegah timbulnya kejahatan pada perempuan terutama saat berlibur, perlu diperhatikan hal-hal berikut.

1. Berlaku seperti berada di kota sendiri

Waspadalah pada setiap kejadian yang ada di sekitar. Lebih peka terhadap hal-hal buruk yang mungkin terjadi kapan pun. Hati-hati pada lingkungan yang ramai, karena bisa saja merupakan lingkungan yang paling berbahaya.

Jika Anda sendirian, jangan melewati jalan-jalan yang gelap dan kosong apalagi pada malam hari. Ada baiknya, untuk mengasuransikan diri selama bepergian.

2. Ikuti insting

Jika merasakan sesuatu yang aneh di sekitar, tanggaplah dengan cepat. Berjalan lebih cepat, lari, menjerit, atau lakukan apa pun dengan cepat yang dapat mengundang orang datang untuk menolong.

3. Menjaga pakaian

Perhatikan budaya setempat dalam berpakaian, berbaurlah dengan masyarakat setempat dengan menggunakan busana yang tepat. Jika ragu, jangan gunakan pakaian yang Anda bawa jika tidak cocok dengan budaya berpakaian masyarakat setempat, serta jika harus pergi keluar pada malam hari, siapkan jaket panjang untuk menutupi bagian tubuh Anda.

4. Bahasa tubuh

Jagalah pandangan dan melangkah dengan penuh percaya diri. Jika sikap Anda layaknya turis yang kebingungan justru menjadi sasaran empuk untuk tindak penipuan. Jika merasa sedang diikuti atau merasa ada sesuatu yang mengancam, jangan segan-segan untuk melapor kepada petugas setempat.

Cobalah untuk duduk berdekatan dengan kumpulan wanita atau keluarga lain, seolah-olah Anda adalah bagian dari mereka.

5. Cincin kawin

Pertimbangkan untuk menggunakan cincin kawin di jari untuk menghindari pandangan orang-orang sekitar tentang detil yang ada di tubuh Anda.

6. Uang

Bawa uang cukup untuk membayar, jangan tunjukkan kepada banyak orang jika Anda membawa banyak uang. Hati-hati pula terhadap orang asing yang menawarkan makanan atau minuman. (Kompas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s