Cara Dapatken Tiket Murah Promo

Tips Pesan / Booking Tiket Promo
Di era seperti sekarang ini traveling bukanlah menjadi barang mewah lagi. Lompat dari kota A ke kota B hanya dalam hitungan jam. Bahkan untuk keluar negeri sekalipun sudah menjadi hal yang sangat biasa dengan banyaknya maskapai-maskapai penerbangan yang menyediakan tiket murah.

Banyak cara yang bisa ditempuh agar budget traveling bisa ditekan sehemat mungkin. Salah satu pos yang cukup menyita anggaran umumnya adalah biaya untuk transportasi terutama tiket pesawat. Berikut ini ada tujuh tips yang bisa digunakan agar bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah:

1. Fleksibel dengan Jadwal Keberangkatan

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah adalah Anda harus memiliki jadwal keberangkatan yang fleksibel. Pergi di musim-musim liburan tentu akan sulit mendapatkan tiket murah.

Umumnya high season yang terjadi di Indonesia adalah pada musim libur sekolah antara akhir Mei sampai Juli, libur lebaran, dan libur akhir tahun mulai Desember hingga awal Januari. Sebisa mungkin menghindari bulan-bulan tersebut untuk traveling. Pada waktu-waktu tersebut, umumnya harga tiket pesawat melonjak cukup tinggi.

Malah, pada bulan-bulan selain bulan di atas, sering kali maskapai-maskapai penerbangan membuka harga tiket promo dengan harga yang sangat menggiurkan.

Satu lagi, diusahakan jangan pergi saat akhir pekan. Sudah umum kalau orang bepergian di akhir pekan. Biasanya harga tiket untuk keberangkatan akhir pekan terutama tujuan kota-kota wisata, seperti Bali dan Yogyakarta, harganya akan naik. Jadi, ciptakan waktu liburan Anda sendiri.

2. Fleksibel dengan Tujuan

Selain harus fleksibel dengan jadwal keberangkatan, Anda juga harus fleksibel dengan kota tujuan Anda. Tidak perlu mengincar kota tujuan tertentu sampai-sampai tidak traveling tahunan karena tiket untuk ke kota impian Anda tidak pernah murah. Prinsipnya, kalau ada maskapai yang memberi promo ke kota tujuan tertentu, jika harga cocok ya diambil saja. Apalagi kalau harga tiketnya sangat murah. Tetap ada sisi menariknya kok kota-kota yang mungkin Anda anggap bukan kota wisata tersebut.

3. Terbang dengan Low Cost Carrier

Sudah menjadi rahasia umum kalau maskapai penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) sering kali memberi tiket promo yang menggiurkan. Tiga LCC di Indonesia yang sering memberikan promo adalah AirAsia, Mandala, dan Citilink. Meskipun begitu, maskapai full service seperti Garuda Indonesia juga tidak jarang memberikan promo, namun harganya tetap tidak bisa menyaingi harga promo LCC.

4. Coba Cari Rute Alternatif

Terkadang terbang direct dari kota A ke kota C lebih mahal dibandingkan dengan transit terlebih dahulu di kota B. Jika misalnya dari Surabaya ke Medan melalui Jakarta/Batam harganya lebih murah daripada Surabaya-Medan direct, kenapa tidak diambil?

5. Terapkan Standar Harga yang Dianggap Murah Untuk Sebuah Rute

Rasanya hampir semua orang ingin mendapatkan tiket dengan harga termurah. Banyak juga yang rajin membuka website maskapai untuk mengecek harga. Setelah harga keluar, terlalu lamaberpikir, kemudian harga yang telah keluar tidak tersedia, dan malah bayar mahal.

Harga tiket pesawat bisa naik dan turun dalam hitungan menit tergantung permintaan dan penawaran. Apalagi tiket pesawat sudah dijual secara online. Semua orang bisa membeli kapan saja. Pada kasus ini terapkanlah standar harga yang ingin Anda bayarkan. Misal, harga tiket Jakarta-Denpasar saat ini 300.000. Kalau menurut Anda harga itu sudah cukup murah dan pantas ya sudah bayar saja tidak perlu menunggu harga turun lagi. Iya kalau turun, kalau malah naik?

6. Daftar Program Frequent Flyer

Saat ini banyak sekali maskapai yang memberikan penghargaan terhadap pelanggannya yang loyal. Salah satu caranya adalah dengan program frequent flyer. Dengan mendaftar program ini Anda bisa mengumpulkan poin yang bisa ditukar dengan tiket gratis. Tidak perduli seberapa sering Anda terbang, Anda sebaiknya mendaftar program ini.

7. Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Banyak maskapai penerbangan yang menawarkan promo tiket murah dengan jadwal keberangkatan yang masih lama. Bisa sebulan, tiga bulan, enam bulan, bahkan satu tahun dari tanggal pembelian tiket. Harga tiketnya juga variatif, malah terkadang ada LCC yang berani memberi harga 5.000 saja untuk sebuah rute. Jadi jangan ragu beli tiket jauh-jauh hari apalagi kalau super murah. Tapi jangan sampai terlalu bernafsu juga, bisa-bisa tiket yang sudah dibeli hangus begitu saja karena saat hari-H Anda berhalangan berangkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s